Laporan Hasil Praktikum Modul IV Pemrograman Berorientasi Objek
LAPORAN AKHIR PRAKTIKUM
PEMROGRAMAN BERORIENTASI
OBJEK
NAMA :
NIM : DBC
KELAS : F
MODUL : IV ( Membangun Aplikasi Sederhana Dan Mengenal Widget )
JURUSAN / PROGRAM STUDI TEKNIK
INFORMATIKA
FAKULTAS TEKNIK
UNIVERSITAS PALANGKA RAYA
2015
BAB I
·
Mahasiswa dapat
membangun project baru
·
Mahasiswa dapat
membuat konfigurasi emulator
·
Mahasiswa dapat
menjalankan aplikasi
·
Mahasiswa dapat
membuat GUI dan aplikasi sederhana
I.2
Landasan Teori
A.
Membangun Project Baru pada Eclipse
Untuk membangun project baru langkah-langkah yang harus di lakukan
adalah seperti berikut. Pada Eclipse, pilih menu File>New>Android Application Project.
Pada jendela
berikutnya, isilah beberapa opsi pengaturan project.
1.
Application Name : Nama aplikasi yang muncul nanti saat di Play Store dan Setting>Manage
Application List.
2.
Project Name : Nama Project Eclipse
3.
Package Name : Nama package dari
aplikasi, nama package haruslah unik
dalam satu perangkat antara satu dengan program lainnya.
4.
Target SDK : Target device yang ingin dijalankan untuk menggunakan aplikasi
yang akan di buat.
5.
Compile With : Versi android yang digunakan untuk kompilasi project.
6.
Minimum Required SKD : versi Android yang ingin dijalankan. Untuk aplikasi handphone,
pilih 2.3.3 (Ginger Bread) atau Froyo, karena ini versi yang paling umum
digunakan di seluruh dunia.
Pada jendela konfigurasi project berikut, klik Next.
Pada jendela
berikutnya pilih icon aplikasi yang akan digunakan, gunakan icon standar yang
dimiliki Android, Next.
Pada jendela
berikutnya pilih model activity yang akan digunakan, pada praktikum ini pilih Blank Activity dan klik Next.
Pada jendela
terakhir, dilakukan pengaturan nama untuk Activity dan juga layoutnya. Setelah
selesai klik Finish.
Kemudian
project akan diciptakan secara otomatis oleh Eclipse dengan aplikasi Hello
World sebagai aplikasi default.
B.
Membuat Konfigurasi Emulator
Emulator atau
Android Virtual Device (AVD) adalah perangkat lunak untuk menguji aplikasi
android, tanpa menggunakan perangkat android sesungguhnya. Emulator dapat
dibuat untuk platform dan konfigurasi android yang berbeda-beda.
Langkah-langkah untuk membuat konfigurasi Android dilakukan di dalam menu
Window, seperti berikut:
1.
Pada Menu Windows>Preferences>Android>Pada
SDK Location masukan direktori
instalasi android sdk pada komputer. Setelah selesai klik OK.
2.
Kemudian pada
menu Windows>Android Virtual Device
Manager> pilih New.
3.
Pada jendela
dialog Create New Android Virtual Device,
masukkan konfigurasi AVD. Contohnya seperti berikut.
4.
Untuk menguji
AVD jalankan AVD Manager>pilih AVD> kemudian klik Start. Kecepatan emulator di tampilkan tergantung pada konfigurasi
AVD yang dibangun dan spesifikasi perangkat keras yang digunakan.
C.
Widget Dasar
Image
View dan Image Button
merupakan dua Android widget yang dapat disisipkan suatu gambar. Kedua widget
tersebut analog dengan TextView dan Button. Setiap widget memiliki atribut android:src atau android:background (pada CML layout) untuk menentukan gambar apa
yang digunakan.
Gambar yang digunakan diambil dari resource drawable. ImageButton
merupakan subclass dari ImageView. ImageButton
mirip dengan perilaku Button yang
memiliki fitur yang merespon even click.
EditText (atau textbox) widget merupakan extension dari TextView yag mengijinkan get dan set text untuk update.
Checkbox merupakan tipe
tobol dengan 2 state yang bisa berupa checked
atau unchecked. Ketika radio
button di-unchecked, user dapat
menekan atau meng-klik tombol untuk men-check.
Biasanya Radio button digunakan bersama dalam sebuah RadioGroup. Jika beberapa radio buttons berada di dalam radio
group, men-check satu radio button
akan men-unchecks lainnya.
RadioButton merupakan turunan dari TextView.
Semua property standard TextView untuk font face, style, color, dsb. Juga bisa digunakan untuk mengontrol
tampilan radio button. Kita dapat memanggil fungsi isChecked() pada
RadioButton untuk mengetahui apakah di-select, toggle() untuk men-select nya, dan seterusnya seperti halnya pada
CheckBox.
Widget yang akan digunakan dapat didefinisikan dalam file layout
.xml atau dapat dipilih dari pallete
yang telah tersedia pada lembar kerja eclipse dan properti widget dapat diatur
pada Properties.
BAB II
1)
Buat Emulator
dengan nama MyPhone dan buat
Aplikasi dengan nama Halo Dunia
seperti pada pembahasan. Perhatikan ketentuan berikut.
·
Project Name :
Halo Dunia
·
Application
Name : Halo Dunia
·
Package Name :
modulpbo4.Tugas1
·
Create Activity
: MainActivity
2)
Ganti string
Hello World dengan string berikut “Halo nama_anda, selamat datang di dunia
Android”. Edit file string.xml pada folder res>values.
B. Tugas 2
Buat project Baru dengan ketentuan sebagai berikut.
·
Project Name :
LatihanGUI
·
Application
Name : LatihanGUI
·
Package Name :
modulpbo4.tugas2
·
Create Activity
: MainActivity
Aplikasi LatihanGUI akan menampilkan beberapa widget dalam layout
yang dilengkapi dengan ScrollVoew. Ketik kode program berikut untuk membangun
aplikasi LatihanGUI.
File
activity_main.xml
<?xml version=”1.0” encoding=”utf-8”?>
<ScrollView xmlns:android=”http://schemas.android.com/apk/res/android
Android:id=”@+id/scrollView1”
Android:layout_width=”match_parent”
Android:layout_height=”wrap_conten”>
<LinearLayout
Android:layout_width
=”fill_parent”
Android:layout_height
=”fill_parent”
Android:orientation=”vertical”>
<TextView
Android:id=”@+id/textNama”
Android:layout_width=”wrap_content”
Android:layout_height=”wrap_content”
Android:text=”Nama Lengkap”
Android:textSize=”24dp”
Android:textStyle=”bold”
Android:typeface=”monospace”/>
<EditText
Android:id=”@+id/editNama”
Android:layout_width=”match_parent”
Android:layout_height=”wrap_parent”
Android:ems=”10”
Android:textSize=”24dp”
Android:typeface=”monospace”>
<requestFokus/>
</EditText>
<TextView
Android:id=”@+id/text Mail”
Android:layout_width=”wrap_content”
Android:layout_height=”wrap_content”
Android:text=”Email”
Android:textSize=”24dp”
Android:textStyle=”bold”
Android:typeface=”monospace”/>
<EditText
Android:id=”@+id/editEmail”
Android:layout_width=”match_parent”
Android:layout_height=”wrap_parent”
Android:ems=”10”
Android:inputType=”textEmailAddress”
Android:textSize=”24dp”
Android:typeface=”monospace”/>
<TextView
Android:id=”@+id/textJenisKelamin”
Android:layout_width=”wrap_content”
Android:layout_height=”wrap_content”
Android:text=”Jenis Kelamin”
Android:textSize=”24dp”
Android:typeface=”monospace”/>
<RadioButton
Android:id=”@+id/radioLaki”
Android:layout_width=”wrap_content”
Android:layout_height=”wrap_content”
Android:text=”Laki-Laki” />
Android:id=”@+id/radioPerempuan”
Android:layout_width=”wrap_content”
Android:layout_height=”wrap_content”
Android:text=”Perempuan” />
<TextView
Android:id=”@+id/textHobi”
Android:layout_width=”wrap_content”
Android:layout_height=”wrap_content”
Android:text=”Hobi”
Android:textSize=”24dp”
Adroid:textStyle=”bold”
Android:typeface=”monospace”/>
<CheckBox
Android:id=”@+id/checkBaca”
Android:layout_width=”wrap_content”
Android:layout_height=”wrap_content”
Android:text=”Membaca” />
<CheckBox
Android:id=”@+id/checkMemancing”
Android:layout_width=”wrap_content”
Android:layout_height=”wrap_content”
Android:text=”Memancing” />
<CheckBox
Android:id=”@+id/checkBersepeda”
Android:layout_width=”wrap_content”
Android:layout_height=”wrap_content”
Android:text=”Bersepeda” />
<Button
Android:id=”@+id/btnOK”
Andoid:layout_width=”wrap_content”
Andoid:layout_height
=”wrap_content”
Android:text=”OK” />
</LinearLayout>
</ScrollView>
File
MainActivity.java
Package
modulpbo4.tugas2;
Import
android.os.Bundle;
Import
android.app.Activity;
Import
android.view.Menu;
Import
android.view.View;
Import
android.widget.Button;
Import
android.widget.CheckBox;
Import
android.widget.EditText;
Import
android.widget.RadioButton;
Import
android.widget.TextView;
Public
class MainActivity extends Activity
{ @override
Protected
void onCreate(Bundle savedInstanceState);
Super.onCreate(savedInstanceState);
setContentView(R.Layout.activity_main);
final
EditText editNama = (EditText) findViewByld(R.id.editNama);
final
EditText editEmail = (EditEmail) findViweByld(R.id.editEmail);
final
RadioButton radioLaki = (RadioButton) findViweByld(R.id.RadioLaki);
final
RadioButton radioPerempuan = (RadioButton) findViweByld(R.id.RadioPerempuan);
final
CheckBox checkBaca = (CheckBox) findViweByld(R.id.checkBaca);
final
CheckBox checkMemancing = (CheckBox) findViweByld(R.id.checkMemancing);
final
CheckBox checkBersepeda = (CheckBox) findViweByld(R.id.checkBersepeda);
Button
btnOK = (Button) findViewByld(R.id.btnOK);
TextView
texthalo = (TextView) findViewByld(R.id.texthalo);
btnOK.setOnClickListener(new
View.OnClickLstener()
{
@override
public void
onClick(View v)
{
//TODO Auto-generate method stub
editNama.setText(“Jokowi”);
editEmail.setText(“Joko@upr.ac.id”);
radiLaki.setChecked(true);
checkBaca.setChecked(true);
checkMemancing.setChecked(true);
checkBersepeda.setChecked(true);
}
});
}
}
Jalankan aplikasi LatihanGUI
BAB III
Pada praktikum ketiga Pemrograman
Berorientasi Objek yaitu modul IV ( Membangun Aplikasi Sederhana dan Mengenal Widget ). Disini saya akan membahas tentang Tugas
Praktikum.
Berikut ini adalah cara
membuat Tugas Praktikum Pertama :
1)
Buka Aplikasi Eclipse Android
Gambar 1.Tampilan Awal Eclipse Android
2)
Klik file, pilih new dan klik Android Application
Project
Gambar 2. Pembuatan Project untuk Aplikasi Android
3)
Buat nama aplikasi sesuai dengan ketentuan berikut:
· Project Name : Halo Dunia
· Application Name : Halo Dunia
· Package Name : modulpbo4.Tugas1
· Create Activity : MainActivity
4)
Klik next > klik next >klik next>klik next
5)
Klik Finish
Setelah pembuatan project untuk aplikasi android selesai, project yang
baru dibuat akan tampil pada jendela Package Explorer.
Gambar 3. Package Explorer
6)
Klik folder src
pada project HaloDunia.
Folder src berisi kode sumber
Java. Berisi class-class java yang berada pada package. (contoh, com.example).
7)
lalu klik modulpbo4.tugas1
8)
klik 2x MainActivity.java
MainActivity.java digunakan untuk mendeklarasikan class, nama class dari project.
package
modulpbo4.Tugas1;
Pada baris program diatas merupakan nama dari package project HaloDunia.
import
android.os.Bundle;
Bundle umumnya digunakan untuk melewati data antara berbagai kegiatan di
android. Pemrograman eclipse sudah menyediakan bundle tersebut dan pada baris
program ini dilakukan import Bundle dengan cara import android.os.Bundle.
import
android.annotation.SuppressLint;
Pada baris program ini dilakukan import SuppressLint dari annotation yang ada pada pemrograman
android dengan cara import android.annotation.SuppressLint.
import
android.app.Activity;
Pada baris program ini dilakukan import Activity dari app yang ada pada pemrograman android dengan
cara import android.app.Activity.
import
android.content.Intent;
Pada baris program ini dilakukan import Intent dari konten yang ada pada pemrograman android
dengan cara import android content.Intent.
import
android.view.Menu;
Pada baris program ini dilakukan import Menu dari view yang ada pada pemrograman android dengan
cara import android.view.Menu.
import
android.view.View;
Pada baris program ini dilakukan import View dari view yang ada pada pemrograman android
dengan cara import android.view.View.
import
android.widget.EditText;
Pada baris program ini dilakukan import EditText dari widget yang ada pada pemrograman android
dengan cara import android.widget.EditText.
import
android.widget.Button;
Pada baris program ini dilakukan import Button dari widget yang ada pada pemrograman android
dengan cara import android.widget.Button.
import
android.widget.Toast;
Pada baris program ini dilakukan import Toast dari widget yang ada pada pemrograman android dengan
cara import android.widget.Toast.
public class
MainActivity extends Activity {
Pada baris program ini, dilakukanpendeklarasian class, nama class dari MainActivity dengan mewarisi Activity kelas
induk.
@Override
protected void
onCreate(Bundle savedInstanceState) {
Baris program ini
digunakan untuk memanggil ketika aplikasi pertama dijalankan.
super.onCreate(savedInstanceState);
setContentView(R.layout.activity_main);
Baris program ini
digunakan untuk mengatur layout yangdigunakan oleh file java.
}
@Override
Class ini me-override method onCreate(), dan juga method onCreateOptionsMenu
=> call-back method
public boolean
onCreateOptionsMenu(Menu menu) {
Baris program ini
digunakan untuk memanggil ketika aplikasi pertama dijalankan.
getMenuInflater().inflate(R.menu.main,
menu);
return true;
Baris program ini digunakan untuk
mengembalikan nilai menjadi true.
}
}
9)
Klik folder res pada project HaloDunia.
Berisi berbagai resource atau sumber-sumber untuk
aplikasi seperti icon, splash screen, maupun string-string pendukung aplikasi.
Di dalam folder ini terdiri dari beberapa subdirektori.
10)
Klik folder layout
Folder layout berisi file-file xml yang mendefinisikan
tampilan daripada antarmuka aplikasi.
11)
Klik 2x activity_main.xml
<RelativeLayout
Pada baris program ini digunakan menentukan layout
yang digunakan yaitu relative layout.
xmlns:android=http://schemas.android.com/apk/res/android
xmlns:tools=http://schemas.android.com/tools
android:layout_width="match_parent"
Pada baris program, lebar dari layout android yang
digunakan adalah match_parent.
android:layout_height="match_parent"
Pada baris program, tinggi dari layout android yang
digunakan adalah match_parent.
android:paddingBottom="@dimen/activity_vertical_margin"
Pada baris program, bagian bawah dari layout android
yang digunakan adalah match_parent.
tools:context=".MainActivity">
Pada baris program ini, tool-tool yang digunakan akan
diberi label MainActivity
<TextView
Pada baris program ini digunakan mengatur TextView
yang terdapat pada layout.
android:layout_width="wrap_content"
Pada baris
program, lebar dari layout android yang digunakan adalah match_parent.
android:layout_height="wrap_content"
Pada baris program, tinggi dari layout android yang
digunakan adalah match_parent.
android:text="@string/hello_world"
/>
Pada baris program, text yang akan tampil di layout
adalah string dengan nama hello_world.
</RelativeLayout>
Pada baris program ini digunakan untuk menutup
deklarasi Relative layout.
12)
Klik folder value
13)
Klik 2x string.xml
14)
Klik hello_world(String)
15)
Klik kolom value*, isikan seperti berikut ”Halo Gianto, selamat datang di dunia Android.
Setelah membuat project untuk aplikasi android,
selanjutnya akan dibuat emulator untuk project aplikasi android.
16)
Buat Emulator
dengan nama MyPhone
17)
Klik Android Virtual Device Manager
18)
Klik new
19)
Buat nama AVD dengan ketentuan pada modul dan nama AVD
tidak menggunakan spasi
Gambar 4. Pemberian Nama pada AVD
20)
Klik ok
21)
Klik pada nama AVD yang telah dibuat
22)
Klik start
23)
Atur ukuran layar sesuai dengan kebutuhan
Gambar 5. Pengaturan Ukuran Layar
24)
Klik Launch, maka emulator untuk AVD MyPhone akan memproses.
Gambar 6. Proses Emulator Android
25)
Setelah proses selesai, emulator akan muncul seperti
dibawah ini:
Gambar 7. Tampilan awal setelah proses selesai
26)
Klik OK, maka tampilan awal emulator akan seperti
berikut:
Gambar 8. Tampilan Awal Emulator
27)
Selanjutnya, klik kanan project HaloDunia
28)
Pilih run as Aplication Android.
Gambar 8. Tampilan ketika Project dijalankan
3.2
Tugas
Praktikum Kedua
1)
Klik file, pilih new dan klik Android Application
Project
Gambar 9. Pembuatan Project untuk Aplikasi Android
2)
Buat nama aplikasi sesuai dengan ketentuan berikut:
· Project Name : Gianto
· Application Name : Gianto
· Package Name : modulpbo4.tugas2
· Create Activity : MainActivity
3)
Klik next > klik next >klik next>klik next
4)
Klik Finish
Setelah pembuatan project untuk aplikasi android selesai, project yang
baru dibuat akan tampil pada jendela Package Explorer.
Gambar 10. Package Explorer
5)
Klik folder src
pada project HaloDunia.
Folder src berisi kode sumber
Java. Berisi class-class java yang berada pada package. (contoh, com.example).
6)
lalu klik modulpbo4.tugas1
7)
klik 2x MainActivity.java
package
modulpbo4.tugas2
Pada baris program diatas merupakan nama
dari package project Gianto.
import android.os.Bundle;
Bundle umumnya digunakan untuk melewati
data antara berbagai kegiatan di android. Pemrograman eclipse sudah menyediakan
bundle tersebut dan pada baris program ini dilakukan import Bundle dengan cara import android.os.Bundle.
Import android.app.Activity;
Pada baris program ini dilakukan import Activity dari app yang ada pada pemrograman android
dengan cara importandroid.app.Activity.
Import android.view.Menu;
Pada baris program ini dilakukan import Menu dari view yang ada pada pemrograman android
dengan cara importandroid.view.Menu.
Import android.view.View;
Pada baris program ini dilakukan import View dari view yang ada pada pemrograman android
dengan cara importandroid.view.View.
importandroid.view.View.OnClickListener;
Pada baris program ini dilakukan import OnCilckListener untuk View dari view yang ada pada
pemrograman android dengan cara import android.view.View.OnClickListener..
importandroid.widget.Button;
Pada baris program ini dilakukan import Button dari widget yang ada pada pemrograman android
dengan cara import android.widget.Button.
importandroid.widget.ScrollView;
Pada baris program ini dilakukan import ScrollView dari widget yang ada pada pemrograman
android dengan cara import android.widget.ScrollView.
importandroid.widget.CheckBox;
Pada baris program ini dilakukan import CheckBoc dari widget yang ada pada pemrograman android
dengan cara import android.widget.checkBox.
Import android.widget.EditText;
Pada baris program ini dilakukan import EditText dari widget yang ada pada pemrograman android
dengan cara import android.widget.EditText.
importandroid.widget.RadioButton;
Pada baris program ini dilakukan import RadioButton dari widget yang ada pada pemrograman
android dengan cara import android.widget.RadioButton
importandroid.widget.TextView;
Pada baris program ini dilakukan import TextView daro widget yang ada pada pemrograman android
dengan cara import android.widget.TextView.
Public class MainActivity extends Activity {
Pada baris program ini, dilakukan pendeklarasian class, nama class dari MainActivity dengan mewarisi Activity kelas
induk.
@Override
Protected void onCreate(Bundle
savedIstanceState){
Baris program ini digunakan untuk memanggil ketika aplikasi pertama
dijalankan.
Bundle savedInstanceState = null;
Baris program ini nilai bundle diinisiasi null.
super.onCreate(savedInstanceState);
setContentView(R.layout.activity_main);
Baris program ini digunakan untuk mengatur layout yangdigunakan oleh file java.
finalEditTexteditNama = (EditText) findViewById(R.id.editNama);
Baris program ini merupakan pemberian nilai kepada EditText dengan nama
variabel editnama yaitu EditText dengan R.id.editNama.
finalEditTexteditEmail = (EditText) findViewById(R.id.editEmail);
Baris program ini merupakan pemberian nilai kepada EditText dengan nama
variabel editEmail yaitu EditText dengan R.id.editEmail.
finalRadioButtonradioLaki = (RadioButton)
findViewById(R.id.radioLaki);
Baris program ini merupakan pemberian nilai kepada radioButton dengan
nama variabel radioLaki yaitu RadioButton dengan R.id.radioLaki.
finalRadioButtonradioPerempuan = (RadioButton)
findViewById(R.id.radioPerempuan);
Baris program ini merupakan pemberian nilai kepada radioButton dengan
nama variabel radioPerempuan yaitu RadioButton dengan R.id.radioPerempuan.
finalCheckBoxcheckBaca = (CheckBox) findViewById(R.id.checkBaca);
Baris program ini merupakan pemberian nilai kepada checkBox dengan nama
variabel checkBaca yaitu CheckBox dengan R.id.checkBaca.
finalCheckBoxcheckMemancing = (CheckBox)
findViewById(R.id.checkMemancing);
Baris program ini merupakan pemberian nilai kepada checkBox dengan nama
variabel checkMemancing yaitu CheckBox dengan R.id.checkMemancing.
Final CheckBoxcheckBersepeda
= (CheckBox)
Find ViewById(R.id.checkBersepeda);
Baris program ini merupakan pemberian nilai kepada checkBox dengan nama
variabel checkBersepeda yaitu CheckBox dengan
R.id.checkBersepeda.
Button btnOK = (Button) findViewById(R.id.btnOK);
Baris program ini merupakan pemberian nilai kepada Button dengan nama
variabel btnOKyaitu Buttondengan R.id.btnOK.
TextViewtexthalo = (TextView) findViewById(R.id.textHobi);
Baris program ini merupakan pemberian nilai kepada TextView dengan nama
variabel texthalo yaitu TextViewdengan R.id.textHobi.
btnOK.setOnClickListener(newOnClickListener()
{ @Override
publicvoidonClick(View v)
{ //TODO Auto-generate method stub
editNama.setText("Jokowi");
Baris program ini merupakan pembuatannama pada editNama yaitu Jokowi.
editEmail.setText("Joko@upr.ac.id");
Baris program ini merupakan pembuatan email pada editEmail yaitu
Joko@upr.ac.id.
radioLaki.setChecked(true);
Baris program ini merupakan pemberian nilai benar pada radioLaki.
checkBaca.setChecked(true);
Baris program ini merupakan pemberian nilai benar pada checkBaca.
checkMemancing.setChecked(true);
Baris program ini merupakan pemberian nilai benar pada checkMemancing.
checkBersepeda.setChecked(true);
Baris program ini merupakan pemberian nilai benar pada checkBersepeda.
}});}}
8)
Klik folder res pada project Gianto
Berisi berbagai resource atau sumber-sumber untuk
aplikasi seperti icon, splash screen, maupun string-string pendukung aplikasi.
Di dalam folder ini terdiri dari beberapa subdirektori.
9)
Klik folder layout
Folder layout berisi file-file xml yang mendefinisikan
tampilan daripada antarmuka aplikasi.
10)
Klik 2x activity_main.xml
<?xml version="1.0" encoding="utf-8"?>
<ScrollView
Pada baris program ini digunakan menambahkan
scrollview yang digunakan yang digunakan pada layout
xmlns:android="http://schemas.android.com/apk/res/android"
android:id="@+id/scrollView1"
Pada baris program ini merupakan pendeklarasian id
dari scrollview yaitu @+id/scrollView1.
android:layout_width="match_parent"
Pada baris program ini merupakan pendeklarasian dari
lebar layout yang menjadiscrollview yaitu match_parent.
android:layout_height="wrap_content"
Pada baris program ini merupakan pendeklarasian dari
tinggi layout yang menjadi scrollview yaitu match_parent.
android:layout_alignTop="@+id/textView1"
Pada baris program ini merupakan
pendeklarasianalignTop untuk layout dari scrollview yaitu @+id/scrollView1.
android:layout_centerHorizontal="true">
Pada baris program ini merupakan pendeklarasian
centerHorizontal untuk layout dari scrollview yaitu true.
<LinearLayout
Pada baris program ini digunakan menentukan jenis
layout yang digunakan yaitu LinearLayout
android:id="@+id/linearLayout"
Pada baris program ini merupakan pendeklarasian id
dari LinearLayout yaitu @+id/linearLayout.
android:layout_width="match_parent"
Pada baris program ini merupakan pendeklarasian lebar
untuk layout dari LinearLayout yaitumatch_parent.
android:layout_height="470dp"
Pada baris program ini merupakan pendeklarasian tinggi
untuk layout dari LinearLayout yaitu 470dp.
android:layout_alignRight="@+id/textView1"
Pada baris program ini merupakan pendeklarasian
alignRight untuk layout dari LinearLayout yaitu@+id/textView1.
android:layout_alignTop="@+id/textView1"
Pada baris program ini merupakan pendeklarasian
alignTop untuk layout dari LinearLayout yaitu @+id/textView1
android:orientation="vertical">
Pada baris program ini merupakan pendeklarasian
orientation dari LinearLayout yaitu vertical.
<TextView
Pada baris program ini digunakan mendeklarasikan
TextView.
android:id="@+id/TextNama"
Pada baris program ini merupakan pendeklarasian id
dari TextView yaitu @+id/TextNama.
android:layout_width="wrap_content"
Pada baris program ini merupakan pendeklarasian lebar
untuk layout dari TextView yaituwrap_content.
android:layout_height="wrap_content"
Pada baris program ini merupakan pendeklarasian tinggi
untuk layout dari TextView yaitu wrap_content.
android:text="Nama Lengkap"
Pada baris program ini merupakan pendeklarasian text
dari TextView yaitu Nama Lengkap.
android:textSize="24sp"
Pada baris program ini merupakan pendeklarasian ukuran
text dari TextView yaitu 24sp.
android:textStyle="bold"
Pada baris program ini merupakan pendeklarasian gaya
text dari TextView yaitu bold.
android:typeface="monospace" />
Pada baris program ini merupakan pendeklarasian
typeface dari TextView yaitumonospace.
<EditText
Pada baris program ini digunakanmendeklarasikan
EditText.
android:id="@+id/editNama"
Pada baris program ini merupakan pendeklarasian id
dari EditText yaitu@+id/editNama.
android:layout_width="match_parent"
Pada baris program ini merupakan pendeklarasian lebar
dari EditText yaitu wrap_content.
android:layout_height="wrap_content"
Pada baris program ini merupakan pendeklarasian tinggi
dari EditText yaitu wrap_content.
android:layout_marginBottom="24dp"
Pada baris program ini merupakan pendeklarasian
marginBotton untuk layout dari EditText yaitu 24dp
android:ems="10"
Pada baris program ini merupakan pendeklarasian ems
dari EditText yaitu 10.
android:inputType="textPersonName">
Pada baris program ini merupakan pendeklarasian
inputType dari EditText yaitutextPersoneName.
<TextView
Pada baris program ini digunakan mendeklarasikan
TextView.
android:id="@+id/textEmail"
Pada baris program ini merupakan pendeklarasian id
dari TextViewyaitu @+id/editEmail.
android:layout_width="wrap_content"
Pada baris program ini merupakan pendeklarasian lebar
dari TextView yaitu wrap_content.
android:layout_height="match_parent"
Pada baris program ini merupakan pendeklarasian tinggi
dari TextView yaitu wrap_content.
android:layout_marginTop="24dp"
Pada baris program ini merupakan pendeklarasian
marginTop untuk layout dari TextView yaitu24dp.
android:layout_weight="0.31"
Pada baris program ini merupakan pendeklarasian weight
untuk layout dari TextView yaitu 0.31.
android:text="Email"
Pada baris program ini merupakan pendeklarasian text
dari TextView yaituEmai.
android:textSize="24dp"
Pada baris program ini merupakan pendeklarasian ukuran
text dari TextView yaitu 24dp.
android:textStyle="bold"
Pada baris program ini merupakan pendeklarasian gaya
text dari TextView yaitu bold.
android:typeface="monospace" />
Pada baris program ini merupakan pendeklarasian
typeface dari TextView yaitu monospace.
Setelah membuat project untuk aplikasi android, selanjutnya jalankan
emulator untuk project aplikasi android.
29)
Klik pada nama AVD yang telah dibuat pada Tugas
Praktikum 1
30)
Klik start
31)
Atur ukuran layar sesuai dengan kebutuhan
Gambar 11. Pengaturan Ukuran Layar
32)
Klik Launch, maka emulator untuk AVD MyPhone akan memproses.
Gambar 12. Proses Emulator Android
33)
Setelah proses selesai, emulator akan muncul seperti
dibawah ini:
Gambar 13. Tampilan awal setelah proses selesai
34)
Klik OK, maka tampilan awal emulator akan seperti
berikut:
Gambar 14. Tampilan Awal Emulator
35)
Selanjutnya, klik kanan project Gianto
36)
Pilih Run as Aplication Android.
Gambar 15. Tampilan ketika Project dijalankan
Terlihat pada Gambar 15, semua komponen yang telah
didesain masih dalam keadaan kosong.
Gambar 16. Tampilan ketika Project dijalankan
Terlihat pada Gambar 16, pengguna disuruh menekan
button OK.
37) Klik button OK
Gambar 17. Tampilan ketika menekan Button OK
Gambar 18. Tampilan ketika menekan Button OK
Setelah menekan button OK terlihat pada gambar 17
yaitu Nama Lengkap terisi dengan Jokowi, Email terisi dengan Joko@upr.ac.id,
Jenis Kelamin Laki-laki. Pada hobi terlihat centang membaca, memancing dan
bersepeda.
BAB IV
Pada praktikum keempat Pemrograman
Berorientasi Objek yaitu modul IV ( Membangun Aplikasi Sederhana dan Mengenal Widget ). Disini saya akan menarik kesimpulan tentang Tugas Praktikum 1 dan Tugas
Praktikum 2.
·
Pembuatan program ini lebih
kepada pengenalan pemrograman Eclipse Android.Pembuatan program Tugas Praktikum
1 menggunakan desain awal tetapi dilakukan sedikit perubahan pada nilai
string.xml.Nilai string.xml dengan nama helo_world
yang diubah yaitu Halo Gianto, selamat datang di
dunia Android.
·
Tujuan dari Tugas Praktikum
adalah mahasiswa mampu membuat program sederhana pada Eclipse Android.
·
Pembuatan program ini merupakan pengembangan dari
Tugas Praktikum 1. Pembuatan program Tugas
Praktikum 2. Pada program ini banyak melibatkan komponen pallet diantaranya
ScrollView, LinearLayout, EditText, TextView, RadioButton dan CheckBox.
·
Tujuan dari Tugas Praktikum
adalah mahasiswa mampu membuat program sederhana dengan menggunakan komponen
pallet pada Eclipse Android.
BAB V
Dosen Pemrograman Berorientasi Objek. 2015. MODUL IV PRAKTIKUM PEMROGRAMAN BERORIENTASI
OBJEK. PALANGKARAYA: JURUSAN TEKNIK INFORMATIKA FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS
PALANGKARA.
(
Diakses pada Minggu, 29 November 2015. Jam 20:22 WIB )
Tugas Praktikum Pertama
Gambar 1. Tampilan Awal Eclipse Android
Gambar 2. Pembuatan Project untuk Aplikasi
Android
Gambar 3. Package Explorer
Gambar 4. Pemberian Nama pada AVD
Gambar 5. Pengaturan Ukuran Layar
Gambar 6. Proses Emulator Android
Gambar 7. Tampilan awal setelah proses
selesai
Gambar 8. Tampilan Awal Emulator
Gambar 8. Tampilan ketika Project
dijalankan
Tugas Praktikum Kedua
Gambar 9. Pembuatan Project untuk Aplikasi
Android
Gambar 10. Package Explorer
Gambar 11. Pengaturan Ukuran Layar
Gambar 12. Proses Emulator Android
Gambar 13. Tampilan awal setelah proses
selesai
38)
Klik OK, maka tampilan awal emulator akan seperti
berikut:
Gambar 14. Tampilan Awal Emulator
Gambar 15. Tampilan ketika Project
dijalankan
Gambar 16. Tampilan ketika Project
dijalankan
Gambar 17. Tampilan ketika menekan Button
OK
Gambar 18. Tampilan ketika menekan Button
OK
Komentar
Posting Komentar