Laporan Hasil Praktikum Modul IV Pemrograman Berorientasi Objek

 

LAPORAN AKHIR PRAKTIKUM

PEMROGRAMAN BERORIENTASI OBJEK



 

 

 

 

NAMA      

NIM            : DBC 

KELAS      : F

MODUL    : IV ( Membangun Aplikasi Sederhana Dan Mengenal Widget )

 

 

 

 

 

 

JURUSAN / PROGRAM STUDI TEKNIK INFORMATIKA

FAKULTAS TEKNIK

UNIVERSITAS PALANGKA RAYA

2015

 

 

BAB I

TUJUAN DAN LANDASAN TEORI

 

I.1  Tujuan

·         Mahasiswa dapat membangun project baru

·         Mahasiswa dapat membuat konfigurasi emulator

·         Mahasiswa dapat menjalankan aplikasi

·         Mahasiswa dapat membuat GUI dan aplikasi sederhana

 

I.2     Landasan Teori

A.       Membangun Project Baru pada Eclipse

Untuk membangun project baru langkah-langkah yang harus di lakukan adalah seperti berikut. Pada Eclipse, pilih menu File>New>Android Application Project.

Pada jendela berikutnya, isilah beberapa opsi pengaturan project.

1.         Application Name : Nama aplikasi yang muncul nanti saat di Play Store dan Setting>Manage Application List.

2.         Project Name : Nama Project Eclipse

3.         Package Name : Nama package dari aplikasi, nama package haruslah unik dalam satu perangkat antara satu dengan program lainnya.

4.         Target SDK : Target device yang ingin dijalankan untuk menggunakan aplikasi yang akan di buat.

5.         Compile With : Versi android yang digunakan untuk kompilasi project.

6.         Minimum Required SKD : versi Android yang ingin dijalankan. Untuk aplikasi handphone, pilih 2.3.3 (Ginger Bread) atau Froyo, karena ini versi yang paling umum digunakan di seluruh dunia.

Pada jendela konfigurasi project berikut, klik Next.

Pada jendela berikutnya pilih icon aplikasi yang akan digunakan, gunakan icon standar yang dimiliki Android, Next.

Pada jendela berikutnya pilih model activity yang akan digunakan, pada praktikum ini pilih Blank Activity dan klik Next.

 

Pada jendela terakhir, dilakukan pengaturan nama untuk Activity dan juga layoutnya. Setelah selesai klik Finish.

Kemudian project akan diciptakan secara otomatis oleh Eclipse dengan aplikasi Hello World sebagai aplikasi default.

 

 B.     Membuat Konfigurasi Emulator

Emulator atau Android Virtual Device (AVD) adalah perangkat lunak untuk menguji aplikasi android, tanpa menggunakan perangkat android sesungguhnya. Emulator dapat dibuat untuk platform dan konfigurasi android yang berbeda-beda. Langkah-langkah untuk membuat konfigurasi Android dilakukan di dalam menu Window, seperti berikut:

1.    Pada Menu Windows>Preferences>Android>Pada SDK Location masukan direktori instalasi android sdk pada komputer. Setelah selesai klik OK.

 

2.    Kemudian pada menu Windows>Android Virtual Device Manager> pilih New.

 

3.    Pada jendela dialog Create New Android Virtual Device, masukkan konfigurasi AVD. Contohnya seperti berikut.

 

4.    Untuk menguji AVD jalankan AVD Manager>pilih AVD> kemudian klik Start. Kecepatan emulator di tampilkan tergantung pada konfigurasi AVD yang dibangun dan spesifikasi perangkat keras yang digunakan.

 

 C.    Widget Dasar

Image View dan Image Button merupakan dua Android widget yang dapat disisipkan suatu gambar. Kedua widget tersebut analog dengan TextView dan Button. Setiap widget memiliki atribut android:src atau android:background (pada CML layout) untuk menentukan gambar apa yang digunakan.

Gambar yang digunakan diambil dari resource drawable. ImageButton merupakan subclass dari ImageView. ImageButton mirip dengan perilaku Button yang memiliki fitur yang merespon even click. EditText (atau textbox) widget merupakan extension dari TextView yag mengijinkan get dan set text untuk update.

Checkbox merupakan tipe tobol dengan 2 state yang bisa berupa checked atau unchecked. Ketika radio button di-unchecked, user dapat menekan atau meng-klik tombol untuk men-check. Biasanya Radio button digunakan bersama dalam sebuah RadioGroup. Jika beberapa radio buttons berada di dalam radio group, men-check satu radio button akan men-unchecks lainnya. RadioButton merupakan turunan dari TextView.

Semua property standard TextView untuk font face, style, color, dsb. Juga bisa digunakan untuk mengontrol tampilan radio button. Kita dapat memanggil fungsi isChecked() pada RadioButton untuk mengetahui apakah di-select, toggle() untuk men-select nya, dan seterusnya seperti halnya pada CheckBox.

Widget yang akan digunakan dapat didefinisikan dalam file layout .xml atau dapat dipilih dari pallete yang telah tersedia pada lembar kerja eclipse dan properti widget dapat diatur pada Properties.


 

BAB II

LANGKAH KERJA

 

 

I.2. Langkah Kerja

 A.  Tugas 1

1)      Buat Emulator dengan nama MyPhone dan buat Aplikasi dengan nama Halo Dunia seperti pada pembahasan. Perhatikan ketentuan berikut.

·         Project Name : Halo Dunia

·         Application Name : Halo Dunia

·         Package Name : modulpbo4.Tugas1

·         Create Activity : MainActivity

 

2)      Ganti string Hello World dengan string berikut “Halo nama_anda, selamat datang di dunia Android”. Edit file string.xml pada folder res>values.

 

 B.   Tugas 2

Buat project Baru dengan ketentuan sebagai berikut.

·         Project Name : LatihanGUI

·         Application Name : LatihanGUI

·         Package Name : modulpbo4.tugas2

·         Create Activity : MainActivity

Aplikasi LatihanGUI akan menampilkan beberapa widget dalam layout yang dilengkapi dengan ScrollVoew. Ketik kode program berikut untuk membangun aplikasi LatihanGUI.

 

File activity_main.xml

 

<?xml version=”1.0” encoding=”utf-8”?>

<ScrollView xmlns:android=”http://schemas.android.com/apk/res/android

Android:id=”@+id/scrollView1

Android:layout_width=”match_parent”

Android:layout_height=”wrap_conten”>

 

<LinearLayout

Android:layout_width =”fill_parent

Android:layout_height =”fill_parent

Android:orientation=”vertical”>

 

<TextView

Android:id=”@+id/textNama

Android:layout_width=”wrap_content

Android:layout_height=”wrap_content

Android:text=”Nama Lengkap

Android:textSize=”24dp

Android:textStyle=”bold

Android:typeface=”monospace”/>

 

<EditText

Android:id=”@+id/editNama

Android:layout_width=”match_parent

Android:layout_height=”wrap_parent

Android:ems=”10

Android:textSize=”24dp

Android:typeface=”monospace”>

 

<requestFokus/>

</EditText>

 

<TextView

Android:id=”@+id/text Mail

Android:layout_width=”wrap_content

Android:layout_height=”wrap_content

Android:text=”Email

Android:textSize=”24dp

Android:textStyle=”bold

Android:typeface=”monospace”/>

 

<EditText

Android:id=”@+id/editEmail

Android:layout_width=”match_parent

Android:layout_height=”wrap_parent

Android:ems=”10

Android:inputType=”textEmailAddress

Android:textSize=”24dp

Android:typeface=”monospace”/>

 

<TextView

Android:id=”@+id/textJenisKelamin

Android:layout_width=”wrap_content

Android:layout_height=”wrap_content

Android:text=”Jenis Kelamin

Android:textSize=”24dp

Android:typeface=”monospace”/>

 

<RadioButton

Android:id=”@+id/radioLaki

Android:layout_width=”wrap_content

Android:layout_height=”wrap_content

Android:text=”Laki-Laki” />

 

Android:id=”@+id/radioPerempuan

Android:layout_width=”wrap_content

Android:layout_height=”wrap_content

Android:text=”Perempuan” />

 

<TextView

Android:id=”@+id/textHobi

Android:layout_width=”wrap_content

Android:layout_height=”wrap_content

Android:text=”Hobi

Android:textSize=”24dp

Adroid:textStyle=”bold

Android:typeface=”monospace”/>

 

<CheckBox

Android:id=”@+id/checkBaca

Android:layout_width=”wrap_content

Android:layout_height=”wrap_content

Android:text=”Membaca” />

 

<CheckBox

Android:id=”@+id/checkMemancing

Android:layout_width=”wrap_content

Android:layout_height=”wrap_content

Android:text=”Memancing” />

 

<CheckBox

Android:id=”@+id/checkBersepeda

Android:layout_width=”wrap_content

Android:layout_height=”wrap_content

Android:text=”Bersepeda” />

 

<Button

Android:id=”@+id/btnOK

Andoid:layout_width=”wrap_content

Andoid:layout_height =”wrap_content

Android:text=”OK” />

 

</LinearLayout>

</ScrollView>

 

File MainActivity.java

 

Package modulpbo4.tugas2;

Import android.os.Bundle;

Import android.app.Activity;

Import android.view.Menu;

Import android.view.View;

Import android.widget.Button;

Import android.widget.CheckBox;

Import android.widget.EditText;

Import android.widget.RadioButton;

Import android.widget.TextView;

 

Public class MainActivity extends Activity

{ @override

Protected void onCreate(Bundle savedInstanceState);

Super.onCreate(savedInstanceState);

setContentView(R.Layout.activity_main);

 

final EditText editNama = (EditText) findViewByld(R.id.editNama);

final EditText editEmail = (EditEmail) findViweByld(R.id.editEmail);

final RadioButton radioLaki = (RadioButton) findViweByld(R.id.RadioLaki);

final RadioButton radioPerempuan = (RadioButton) findViweByld(R.id.RadioPerempuan);

final CheckBox checkBaca = (CheckBox) findViweByld(R.id.checkBaca);

final CheckBox checkMemancing = (CheckBox) findViweByld(R.id.checkMemancing);

final CheckBox checkBersepeda = (CheckBox) findViweByld(R.id.checkBersepeda);

Button btnOK = (Button) findViewByld(R.id.btnOK);

TextView texthalo = (TextView) findViewByld(R.id.texthalo);

btnOK.setOnClickListener(new View.OnClickLstener()

{ @override

public void onClick(View v)

{ //TODO Auto-generate method stub

editNama.setText(“Jokowi”);

editEmail.setText(“Joko@upr.ac.id”);

radiLaki.setChecked(true);

checkBaca.setChecked(true);

checkMemancing.setChecked(true);

checkBersepeda.setChecked(true);

}

});

}

}

Jalankan aplikasi LatihanGUI


 

BAB III

PEMBAHASAN

 

 

 

Pada praktikum ketiga Pemrograman Berorientasi Objek yaitu modul IV ( Membangun Aplikasi Sederhana dan Mengenal Widget ). Disini saya akan membahas tentang Tugas Praktikum.

3.1     Tugas Praktikum Pertama

Berikut ini adalah cara membuat Tugas Praktikum Pertama :

1)        Buka Aplikasi Eclipse Android

Gambar 1.Tampilan Awal Eclipse Android

2)        Klik file, pilih new dan klik Android Application Project

Gambar 2. Pembuatan Project untuk Aplikasi Android

3)        Buat nama aplikasi sesuai dengan ketentuan berikut:

·      Project Name : Halo Dunia

·      Application Name : Halo Dunia

·      Package Name : modulpbo4.Tugas1

·      Create Activity : MainActivity

4)        Klik next > klik next >klik next>klik next

5)        Klik Finish

Setelah pembuatan project untuk aplikasi android selesai, project yang baru dibuat akan tampil pada jendela Package Explorer.

Gambar 3. Package Explorer

6)        Klik folder src  pada project HaloDunia.

Folder src berisi kode sumber Java. Berisi class-class java yang berada pada package. (contoh, com.example).

7)        lalu klik modulpbo4.tugas1

8)        klik 2x MainActivity.java

MainActivity.java digunakan untuk mendeklarasikan class, nama class dari project.

package modulpbo4.Tugas1;

Pada baris program diatas merupakan nama dari package project HaloDunia.

import android.os.Bundle;

Bundle umumnya digunakan untuk melewati data antara berbagai kegiatan di android. Pemrograman eclipse sudah menyediakan bundle tersebut dan pada baris program ini dilakukan import Bundle dengan cara import android.os.Bundle.

import android.annotation.SuppressLint;

Pada baris program ini dilakukan import SuppressLint dari annotation yang ada pada pemrograman android dengan cara import android.annotation.SuppressLint.

import android.app.Activity;

Pada baris program ini dilakukan import Activity dari app yang ada pada pemrograman android dengan cara import android.app.Activity.

import android.content.Intent;

Pada baris program ini dilakukan import Intent dari konten yang ada pada pemrograman android dengan cara import android content.Intent.

import android.view.Menu;

Pada baris program ini dilakukan import Menu dari view yang ada pada pemrograman android dengan cara import android.view.Menu.

import android.view.View;

Pada baris program ini dilakukan import View dari view yang ada pada pemrograman android dengan cara import android.view.View.

import android.widget.EditText;

Pada baris program ini dilakukan import EditText dari widget yang ada pada pemrograman android dengan cara import android.widget.EditText.

import android.widget.Button;

Pada baris program ini dilakukan import Button dari widget yang ada pada pemrograman android dengan cara import android.widget.Button.

import android.widget.Toast;

Pada baris program ini dilakukan import Toast dari widget yang ada pada pemrograman android dengan cara import android.widget.Toast.

public class MainActivity extends Activity {

Pada baris program ini, dilakukanpendeklarasian class, nama class dari MainActivity dengan mewarisi Activity kelas induk.

 

@Override

protected void onCreate(Bundle savedInstanceState) {

Baris program ini digunakan untuk memanggil ketika aplikasi pertama dijalankan.

super.onCreate(savedInstanceState);

setContentView(R.layout.activity_main);

Baris program ini digunakan untuk mengatur layout yangdigunakan oleh file java.

}

@Override

Class ini me-override method onCreate(), dan juga method onCreateOptionsMenu => call-back method

public boolean onCreateOptionsMenu(Menu menu) {

Baris program ini digunakan untuk memanggil ketika aplikasi pertama dijalankan.

getMenuInflater().inflate(R.menu.main, menu);

return true;

Baris program ini digunakan untuk mengembalikan nilai menjadi true.

}

}

9)        Klik folder res pada project HaloDunia.

Berisi berbagai resource atau sumber-sumber untuk aplikasi seperti icon, splash screen, maupun string-string pendukung aplikasi. Di dalam folder ini terdiri dari beberapa subdirektori.

10)    Klik folder layout

Folder layout berisi file-file xml yang mendefinisikan tampilan daripada antarmuka aplikasi.

11)    Klik 2x activity_main.xml

<RelativeLayout

Pada baris program ini digunakan menentukan layout yang digunakan yaitu relative layout.

xmlns:android=http://schemas.android.com/apk/res/android

xmlns:tools=http://schemas.android.com/tools

 

android:layout_width="match_parent"

Pada baris program, lebar dari layout android yang digunakan adalah match_parent.

android:layout_height="match_parent"

Pada baris program, tinggi dari layout android yang digunakan adalah match_parent.

android:paddingBottom="@dimen/activity_vertical_margin"

Pada baris program, bagian bawah dari layout android yang digunakan adalah match_parent.

tools:context=".MainActivity">

Pada baris program ini, tool-tool yang digunakan akan diberi label MainActivity

<TextView

Pada baris program ini digunakan mengatur TextView yang terdapat pada layout.

android:layout_width="wrap_content"

 Pada baris program, lebar dari layout android yang digunakan adalah match_parent.

android:layout_height="wrap_content"

Pada baris program, tinggi dari layout android yang digunakan adalah match_parent.

android:text="@string/hello_world" />

Pada baris program, text yang akan tampil di layout adalah string dengan nama hello_world.

</RelativeLayout>

Pada baris program ini digunakan untuk menutup deklarasi Relative layout.

12)    Klik folder value

13)    Klik 2x string.xml

14)    Klik hello_world(String)

15)    Klik kolom value*, isikan seperti berikut ”Halo Gianto, selamat datang di dunia Android.

Setelah membuat project untuk aplikasi android, selanjutnya akan dibuat emulator untuk project aplikasi android.

16)    Buat Emulator dengan nama MyPhone

17)    Klik Android Virtual Device Manager

18)    Klik new

19)    Buat nama AVD dengan ketentuan pada modul dan nama AVD tidak menggunakan spasi

Gambar 4. Pemberian Nama pada AVD

20)    Klik ok

21)    Klik pada nama AVD yang telah dibuat

22)    Klik start

23)    Atur ukuran layar sesuai dengan kebutuhan

Gambar 5. Pengaturan Ukuran Layar

24)    Klik Launch, maka emulator untuk AVD MyPhone akan memproses.

Gambar 6. Proses Emulator Android

25)    Setelah proses selesai, emulator akan muncul seperti dibawah ini:

Gambar 7. Tampilan awal setelah proses selesai

26)    Klik OK, maka tampilan awal emulator akan seperti berikut:

Gambar 8. Tampilan Awal Emulator

27)    Selanjutnya, klik kanan project HaloDunia

28)    Pilih run as Aplication Android.

Gambar 8. Tampilan ketika Project dijalankan

 

3.2            Tugas Praktikum Kedua

1)        Klik file, pilih new dan klik Android Application Project

Gambar 9. Pembuatan Project untuk Aplikasi Android

2)        Buat nama aplikasi sesuai dengan ketentuan berikut:

·      Project Name : Gianto

·      Application Name : Gianto

·      Package Name : modulpbo4.tugas2

·      Create Activity : MainActivity

3)        Klik next > klik next >klik next>klik next

4)        Klik Finish

Setelah pembuatan project untuk aplikasi android selesai, project yang baru dibuat akan tampil pada jendela Package Explorer.

Gambar 10. Package Explorer

5)        Klik folder src  pada project HaloDunia.

Folder src berisi kode sumber Java. Berisi class-class java yang berada pada package. (contoh, com.example).

6)        lalu klik modulpbo4.tugas1

7)        klik 2x MainActivity.java

package modulpbo4.tugas2

Pada baris program diatas merupakan nama dari package project Gianto.

import android.os.Bundle;

Bundle umumnya digunakan untuk melewati data antara berbagai kegiatan di android. Pemrograman eclipse sudah menyediakan bundle tersebut dan pada baris program ini dilakukan import Bundle dengan cara import android.os.Bundle.

Import android.app.Activity;

Pada baris program ini dilakukan import Activity dari app yang ada pada pemrograman android dengan cara importandroid.app.Activity.

Import android.view.Menu;

Pada baris program ini dilakukan import Menu dari view yang ada pada pemrograman android dengan cara importandroid.view.Menu.

Import android.view.View;

Pada baris program ini dilakukan import View dari view yang ada pada pemrograman android dengan cara importandroid.view.View.

importandroid.view.View.OnClickListener;

Pada baris program ini dilakukan import OnCilckListener untuk View dari view yang ada pada pemrograman android dengan cara import android.view.View.OnClickListener..

importandroid.widget.Button;

Pada baris program ini dilakukan import Button dari widget yang ada pada pemrograman android dengan cara import android.widget.Button.

importandroid.widget.ScrollView;

Pada baris program ini dilakukan import ScrollView dari widget yang ada pada pemrograman android dengan cara import android.widget.ScrollView.

importandroid.widget.CheckBox;

Pada baris program ini dilakukan import CheckBoc dari widget yang ada pada pemrograman android dengan cara import android.widget.checkBox.

Import android.widget.EditText;

Pada baris program ini dilakukan import EditText dari widget yang ada pada pemrograman android dengan cara import android.widget.EditText.

importandroid.widget.RadioButton;

Pada baris program ini dilakukan import RadioButton dari widget yang ada pada pemrograman android dengan cara import android.widget.RadioButton

importandroid.widget.TextView;

Pada baris program ini dilakukan import TextView daro widget yang ada pada pemrograman android dengan cara import android.widget.TextView.

Public class MainActivity extends Activity {

Pada baris program ini, dilakukan pendeklarasian class, nama class dari MainActivity dengan mewarisi Activity kelas induk.

@Override

Protected void onCreate(Bundle savedIstanceState){

Baris program ini digunakan untuk memanggil ketika aplikasi pertama dijalankan.

Bundle savedInstanceState = null;

Baris program ini nilai bundle diinisiasi null.

super.onCreate(savedInstanceState);

setContentView(R.layout.activity_main);

Baris program ini digunakan untuk mengatur layout yangdigunakan oleh file java.

finalEditTexteditNama = (EditText) findViewById(R.id.editNama);

Baris program ini merupakan pemberian nilai kepada EditText dengan nama variabel editnama yaitu EditText dengan R.id.editNama.

finalEditTexteditEmail = (EditText) findViewById(R.id.editEmail);

Baris program ini merupakan pemberian nilai kepada EditText dengan nama variabel editEmail yaitu EditText dengan R.id.editEmail.

finalRadioButtonradioLaki = (RadioButton)

findViewById(R.id.radioLaki);

Baris program ini merupakan pemberian nilai kepada radioButton dengan nama variabel radioLaki yaitu RadioButton dengan R.id.radioLaki.

finalRadioButtonradioPerempuan = (RadioButton) findViewById(R.id.radioPerempuan);

Baris program ini merupakan pemberian nilai kepada radioButton dengan nama variabel radioPerempuan yaitu RadioButton dengan R.id.radioPerempuan.

finalCheckBoxcheckBaca = (CheckBox) findViewById(R.id.checkBaca);

Baris program ini merupakan pemberian nilai kepada checkBox dengan nama variabel checkBaca yaitu CheckBox dengan R.id.checkBaca.

finalCheckBoxcheckMemancing = (CheckBox)

findViewById(R.id.checkMemancing);

Baris program ini merupakan pemberian nilai kepada checkBox dengan nama variabel checkMemancing yaitu CheckBox dengan R.id.checkMemancing.

Final CheckBoxcheckBersepeda = (CheckBox)

Find ViewById(R.id.checkBersepeda);

Baris program ini merupakan pemberian nilai kepada checkBox dengan nama variabel checkBersepeda yaitu CheckBox dengan R.id.checkBersepeda.

Button btnOK = (Button) findViewById(R.id.btnOK);

Baris program ini merupakan pemberian nilai kepada Button dengan nama variabel btnOKyaitu Buttondengan R.id.btnOK.

TextViewtexthalo = (TextView) findViewById(R.id.textHobi);

Baris program ini merupakan pemberian nilai kepada TextView dengan nama variabel texthalo yaitu TextViewdengan R.id.textHobi.

btnOK.setOnClickListener(newOnClickListener()

{ @Override

publicvoidonClick(View v)

{ //TODO Auto-generate method stub

editNama.setText("Jokowi");

Baris program ini merupakan pembuatannama pada editNama yaitu Jokowi.

editEmail.setText("Joko@upr.ac.id");

Baris program ini merupakan pembuatan email pada editEmail yaitu Joko@upr.ac.id.

radioLaki.setChecked(true);

Baris program ini merupakan pemberian nilai benar pada radioLaki.

checkBaca.setChecked(true);

Baris program ini merupakan pemberian nilai benar pada checkBaca.

checkMemancing.setChecked(true);

Baris program ini merupakan pemberian nilai benar pada checkMemancing.

checkBersepeda.setChecked(true);

Baris program ini merupakan pemberian nilai benar pada checkBersepeda.

}});}}

8)        Klik folder res pada project Gianto

Berisi berbagai resource atau sumber-sumber untuk aplikasi seperti icon, splash screen, maupun string-string pendukung aplikasi. Di dalam folder ini terdiri dari beberapa subdirektori.

9)        Klik folder layout

Folder layout berisi file-file xml yang mendefinisikan tampilan daripada antarmuka aplikasi.

10)    Klik 2x activity_main.xml

<?xml version="1.0" encoding="utf-8"?>

<ScrollView

Pada baris program ini digunakan menambahkan scrollview yang digunakan yang digunakan pada layout

xmlns:android="http://schemas.android.com/apk/res/android"

android:id="@+id/scrollView1"

Pada baris program ini merupakan pendeklarasian id dari scrollview yaitu @+id/scrollView1.

android:layout_width="match_parent"

Pada baris program ini merupakan pendeklarasian dari lebar layout yang menjadiscrollview yaitu match_parent.

android:layout_height="wrap_content"

Pada baris program ini merupakan pendeklarasian dari tinggi layout yang menjadi scrollview yaitu match_parent.

android:layout_alignTop="@+id/textView1"

Pada baris program ini merupakan pendeklarasianalignTop untuk layout dari scrollview yaitu @+id/scrollView1.

android:layout_centerHorizontal="true">

Pada baris program ini merupakan pendeklarasian centerHorizontal untuk layout dari scrollview yaitu true.

<LinearLayout

Pada baris program ini digunakan menentukan jenis layout yang digunakan yaitu LinearLayout

android:id="@+id/linearLayout"

Pada baris program ini merupakan pendeklarasian id dari LinearLayout yaitu @+id/linearLayout.

android:layout_width="match_parent"

Pada baris program ini merupakan pendeklarasian lebar untuk layout dari LinearLayout yaitumatch_parent.

android:layout_height="470dp"

Pada baris program ini merupakan pendeklarasian tinggi untuk layout dari LinearLayout yaitu 470dp.

android:layout_alignRight="@+id/textView1"

Pada baris program ini merupakan pendeklarasian alignRight untuk layout dari LinearLayout yaitu@+id/textView1.

android:layout_alignTop="@+id/textView1"

Pada baris program ini merupakan pendeklarasian alignTop untuk layout dari LinearLayout yaitu @+id/textView1

android:orientation="vertical">

Pada baris program ini merupakan pendeklarasian orientation dari LinearLayout yaitu vertical.

<TextView

Pada baris program ini digunakan mendeklarasikan TextView.

android:id="@+id/TextNama"

Pada baris program ini merupakan pendeklarasian id dari TextView yaitu @+id/TextNama.

android:layout_width="wrap_content"

Pada baris program ini merupakan pendeklarasian lebar untuk layout dari TextView yaituwrap_content.

android:layout_height="wrap_content"

Pada baris program ini merupakan pendeklarasian tinggi untuk layout dari TextView yaitu wrap_content.

android:text="Nama Lengkap"

Pada baris program ini merupakan pendeklarasian text dari TextView yaitu Nama Lengkap.

android:textSize="24sp"

Pada baris program ini merupakan pendeklarasian ukuran text dari TextView yaitu 24sp.

android:textStyle="bold"

Pada baris program ini merupakan pendeklarasian gaya text dari TextView yaitu bold.

android:typeface="monospace" />

Pada baris program ini merupakan pendeklarasian typeface dari TextView yaitumonospace.

<EditText

Pada baris program ini digunakanmendeklarasikan EditText.

android:id="@+id/editNama"

Pada baris program ini merupakan pendeklarasian id dari EditText yaitu@+id/editNama.

android:layout_width="match_parent"

Pada baris program ini merupakan pendeklarasian lebar dari EditText yaitu wrap_content.

android:layout_height="wrap_content"

Pada baris program ini merupakan pendeklarasian tinggi dari EditText yaitu wrap_content.

android:layout_marginBottom="24dp"

Pada baris program ini merupakan pendeklarasian marginBotton untuk layout dari EditText yaitu 24dp

android:ems="10"

Pada baris program ini merupakan pendeklarasian ems dari EditText yaitu 10.

android:inputType="textPersonName">

Pada baris program ini merupakan pendeklarasian inputType dari EditText yaitutextPersoneName.

<TextView

Pada baris program ini digunakan mendeklarasikan TextView.

android:id="@+id/textEmail"

Pada baris program ini merupakan pendeklarasian id dari TextViewyaitu @+id/editEmail.

android:layout_width="wrap_content"

Pada baris program ini merupakan pendeklarasian lebar dari TextView yaitu wrap_content.

android:layout_height="match_parent"

Pada baris program ini merupakan pendeklarasian tinggi dari TextView yaitu wrap_content.

android:layout_marginTop="24dp"

Pada baris program ini merupakan pendeklarasian marginTop untuk layout dari TextView yaitu24dp.

android:layout_weight="0.31"

Pada baris program ini merupakan pendeklarasian weight untuk layout dari TextView yaitu 0.31.

android:text="Email"

Pada baris program ini merupakan pendeklarasian text dari TextView yaituEmai.

android:textSize="24dp"

Pada baris program ini merupakan pendeklarasian ukuran text dari TextView yaitu 24dp.

android:textStyle="bold"

Pada baris program ini merupakan pendeklarasian gaya text dari TextView yaitu bold.

android:typeface="monospace" />

Pada baris program ini merupakan pendeklarasian typeface dari TextView yaitu monospace.

Setelah membuat project untuk aplikasi android, selanjutnya jalankan emulator untuk project aplikasi android.

29)    Klik pada nama AVD yang telah dibuat pada Tugas Praktikum 1

30)    Klik start

31)    Atur ukuran layar sesuai dengan kebutuhan

Gambar 11. Pengaturan Ukuran Layar

32)    Klik Launch, maka emulator untuk AVD MyPhone akan memproses.

Gambar 12. Proses Emulator Android

33)    Setelah proses selesai, emulator akan muncul seperti dibawah ini:

Gambar 13. Tampilan awal setelah proses selesai

34)    Klik OK, maka tampilan awal emulator akan seperti berikut:

Gambar 14. Tampilan Awal Emulator

35)    Selanjutnya, klik kanan project Gianto

36)    Pilih Run as Aplication Android.

Gambar 15. Tampilan ketika Project dijalankan

Terlihat pada Gambar 15, semua komponen yang telah didesain masih dalam keadaan kosong.

Gambar 16. Tampilan ketika Project dijalankan

Terlihat pada Gambar 16, pengguna disuruh menekan button OK.

37)  Klik button OK

Gambar 17. Tampilan ketika menekan Button OK

Gambar 18. Tampilan ketika menekan Button OK

Setelah menekan button OK terlihat pada gambar 17 yaitu Nama Lengkap terisi dengan Jokowi, Email terisi dengan Joko@upr.ac.id, Jenis Kelamin Laki-laki. Pada hobi terlihat centang membaca, memancing dan bersepeda.

 


 

BAB IV

KESIMPULAN

 

Pada praktikum keempat Pemrograman Berorientasi Objek yaitu modul IV ( Membangun Aplikasi Sederhana dan Mengenal Widget ). Disini saya akan menarik kesimpulan tentang Tugas Praktikum 1 dan Tugas Praktikum 2.

·         Pembuatan program ini lebih kepada pengenalan pemrograman Eclipse Android.Pembuatan program Tugas Praktikum 1 menggunakan desain awal tetapi dilakukan sedikit perubahan pada nilai string.xml.Nilai string.xml dengan nama helo_world yang diubah yaitu Halo Gianto, selamat datang di dunia Android.

·         Tujuan dari Tugas Praktikum adalah mahasiswa mampu membuat program sederhana pada Eclipse Android.

·         Pembuatan program ini merupakan pengembangan dari Tugas Praktikum 1. Pembuatan program Tugas Praktikum 2. Pada program ini banyak melibatkan komponen pallet diantaranya ScrollView, LinearLayout, EditText, TextView, RadioButton dan CheckBox.

·         Tujuan dari Tugas Praktikum adalah mahasiswa mampu membuat program sederhana dengan menggunakan komponen pallet pada Eclipse Android.

 


 

BAB V

DAFTAR PUSTAKA

 

 

Dosen Pemrograman Berorientasi Objek. 2015. MODUL IV PRAKTIKUM PEMROGRAMAN BERORIENTASI OBJEK. PALANGKARAYA: JURUSAN TEKNIK INFORMATIKA FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS PALANGKARA.

 

http://developer.android.com

( Diakses pada Minggu, 29 November 2015. Jam 20:22 WIB )


 

BAB VI

LAMPIRAN

 

Tugas Praktikum Pertama

Gambar 1. Tampilan Awal Eclipse Android

Gambar 2. Pembuatan Project untuk Aplikasi Android

Gambar 3. Package Explorer

Gambar 4. Pemberian Nama pada AVD

Gambar 5. Pengaturan Ukuran Layar

Gambar 6. Proses Emulator Android

Gambar 7. Tampilan awal setelah proses selesai

Gambar 8. Tampilan Awal Emulator

Gambar 8. Tampilan ketika Project dijalankan

 

Tugas Praktikum Kedua

Gambar 9. Pembuatan Project untuk Aplikasi Android

Gambar 10. Package Explorer

Gambar 11. Pengaturan Ukuran Layar

Gambar 12. Proses Emulator Android

Gambar 13. Tampilan awal setelah proses selesai

38)    Klik OK, maka tampilan awal emulator akan seperti berikut:

Gambar 14. Tampilan Awal Emulator

Gambar 15. Tampilan ketika Project dijalankan

Gambar 16. Tampilan ketika Project dijalankan

Gambar 17. Tampilan ketika menekan Button OK

Gambar 18. Tampilan ketika menekan Button OK

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Terong Sambal Pete Teri

Laporan Akhir Pemrograman Berorientasi Objek Lengkap