Laporan Akhir Pemrograman Berorientasi Objek Lengkap

 

LAPORAN AKHIR PRAKTIKUM

PEMROGRAMAN BERORIENTASI OBJEK




 


 

 

 

NAMA            :

NIM                : DBC 114 043

KELAS          : F

MODUL         : II ( Pewarisan, Polymorfisme Dan Interface )

 

 

 

 

 

 

 

 

JURUSAN / PROGRAM STUDI TEKNIK INFORMATIKA

FAKULTAS TEKNIK

UNIVERSITAS PALANGKA RAYA

2015

 

 

 

BAB I

TUJUAN DAN LANDASAN TEORI

 

 

I.1.    Tujuan

1.    Mahasiswa dapat menggunakan teknik Pewarisan dan Polymorfisme.

2.    Mahasiswa dapat menggunakan interface.

I.2.    Landasan Teori

2.1.    Teknik Pewarisan

Pewarisan dilakukan untuk membuat class baru (class turunan/subclass) yang masih memiliki sifat atau spesifikasi dari class dimana ia diturunkan (superclass). Untuk melakukan ini, Java menyediakan keyword extendsyang dapat dipakai waktu kita mendeklarasikan class.  Berikut adalah contoh implementasi pewarisan :

Class A

Int x;

Int y;

Void tampilkanNilaixy()

{

System.out.println(“Nilai x: “ + x + “,y: “ + y);

}

}

Class B extends A {

Int z;

Void tampilkanJumlah() {

       //subclass dapat mengakses sumber dari superclass

       System.out.println(“Jumlah:”+(x+y+z));

}

}

2.2.    Teknik Polymorfisme

Teknik polymorfisme digunakan untuk menyatakan satu nama yang merujuk (reference) ke beberapa fungsi yang berbeda. Java menginterprestasikan polymorfisme dengan 3 cara yaitu:

Method Overloading

Method dengan pewarisan

Method overriding dengan interface java

Berikut adalah contoh implementasi polymorfisme :

Class A {

Public void cetakKeLayar ( )

{

System.out.println(“Method dari class A dipanggil”);

}

}

 

 

Class B extends A {

Public void cetakKeLayar ( )

{

       System.out.println(“Method dari class B dipanggil”);

}

}

Class C extends A {

Public void cetakKeLayar ( )

{

       System.out.println(“Method dari class C dipanggil”);

}

}

 

 

class Demo ( ) {

Public static void main (String[] args)

{

       A obA;

       B obB = new B ( );

       C obC = new C ( );

       obA = obB;

       obA.cetakKeLayar ( );

       obA = obC;

       obA.cetakKeLayar ( );

}

}

2.3.    Interface

Pendeklarasian interface secara umum adalah sebagai berikut :

Access-specifier interface NamaInterface {

  Access-specifier tipe-data namaVariabel1 = value1;

 

  Access-specifier tipe-data namaVariabelN = valueN;

 

  Access-specifier tipe-data namaMethod1 = (parameter1);

 

  Access-specifier tipe-data namaMethodN = (parameterN);

}

 

Penggunaan interface

Access-specifier class NamaClass implements

               NamaInterface, … , NamaInterfaceN

{

               //class implementation {

Pewarisan 

Dalam OOP, kita dapat menciptakan objek baru yang diturunkan dari objek lain. Objek baru ini sering disebut dengan objek turunan (derived class) sedang objek induknya sering disebut dengan ancestor(base class). Sifat yang terkandung pada objek turunan adalah sifat hasil pewarisan dari sifat-sifat yang terdapat pada objek induk. Maka dari itu proses seperti ini sering dikenal dengan istilah pewarisan (Inheritance).

Polimorfisme

Polimorfisme adalah proses kebanyakrupaan, artinya kita dapat mengimplementasikan sesuatu hal yang berbeda melalui satu cara yang sama. untuk mengerti hal ini saya akan berikan ilustrasi nya : misalnya terdapat 5 orang penyanyi(didalam program dianggap sebagai 5 buah objek), kemudian kelimanya kita perintahkan untuk bernyanyi, maka hasil atau implementasinya tentu akan berbeda sesuai dengan karakteristik suara dari masing-masing penyanyi tersebut. 

Interface

Interface adalah jenis khusus dari blok yang hanya berisi method signature (atau  constant). Interface mendefinisikan sebuah (signature) dari sebuah kumpulan method tanpa tubuh. Interface mendefinisikan sebuah cara standar dan umum dalam menetapkan sifat-sifat dari class-class. Mereka menyediakan class-class, tanpa memperhatikan lokasinya dalam hirarki class. Untuk mengimplementasikan sifat-sifat yang umum. Dengan catatan bahwa interface-interface juga menunjukan polimorfisme, dikarenakan program dapat memanggil method interface dan versi yang tepat dari method yang akan dieksekusi tergantung dari tipe object yang melewati pemanggil method interface.

BAB II

LANGKAH KERJA

 

 

 

I.2.    Langkah Kerja

1.      Buat program dengan teknik pewarisan atau polimorfisme untuk menyelesaikan output berikut :

Nama                            : Antonio

Usia                              : 28

Bagian                          : Direktur

Gaji Pokok                    : Rp. 10.000.000,00

Tunjangan Jabatan        : Rp. 5.000.000,-

Fasilitas                         : Mobil Dinas, Rumah Dinas

 

Nama                            : Jimmy

Usia                              : 25

Bagian                          : Wakil Direktur

Gaji Pokok                    : Rp. 7.000.000,00

Tunjangan Jabatan        : Rp. 2.000.000,-

Fasilitas                         : Mobil Dinas

 

Nama                            : Boy

Usia                              : 25

Bagian                          : Staf

Gaji Pokok                    : Rp. 1.500.000,00

Tunjangan Jabatan        : -

Fasilitas                         : -

 

2.      Analisa dan perbaiki kesalahan pada program-program berikut :

File : Suara.java

public interface Suara {

    Public voic berbicara();

    Public void tidur();

}

 

 

File : Anjing.java

Public class Anjing implements Suara

{

    //Informasi data anjing

    String warna;

    float berat;

 

    public Anjing(String w, float b);

    {

      Warna = w;

        berat = b;

    }

 

    Public void berbicara()

    {

      System.out.println(“Guk…Guk…guk”);

    }

 

    Public void tidur()

      System.out.Println(“zzzz….zzzz…zzzz”);

    }

 

    public class TesSuara

    {

      Public static main(String args)

      Anjing AirBuds = new  Anjing(“Coklat”,20.4f)

        AirBuds.berbicara;

        AirBuds.tidur;

    }

}

 

 

 

 

BAB III

PEMBAHASAN

 

 

 

Pada praktikum kedua Pemrograman Berorientasi Objek yaitu Modul II ( Pewarisan, Polymorfisme dan Interface ). Disini akan saya bahas tentang Tugas Pertama dan  Tugas Kedua.

1.       Program tugas pertama

a.       Code program pertama

Buat Package Pegawai dan buat kelas dari Package Pegawai adalah Pegawai.Java

 

Buatlah package pegawai seperti code dibawah ini.

 

b.      Penjelasan code program pertama

package Pegawai;

public class Pegawai {

public void nama( )  {      

System.out.print("Nama              : ");    }

public void Usia( )    {       

System.out.print("Usia              : ");   }

public void Bagian( )     {       

System.out.print("Bagian            : ");   }

public void GajiPokok( )    {       

System.out.print("Gaji Pokok        : ");    }

public void TunjanganJabatan( )    {       

System.out.print("Tunjangan Jabatan : ");    }

public void Fasilitas( )    {        

System.out.print("Fasilitas         : ");     }

}

 

Pada bagian ini terdapat  modifier yaitu public. Public berarti bahwapengaksesan suatu variable instant atau metode dapat dilakukan dari luar kelas.Disini dideklarasikan kelas induk dari program yaitu kelas Pegawai. Ada enam method dengan tipe data yang sama yaitu nama, Usia, Bagian, GajiPokok, TunjanganJabatan dan Fasilitas dengan tipe data yaitu void.

Didalam setiap method terdapat komponen keluaran yaitu System.out.print. Jadi, setiap masing-masing method dipanggil maka akan masing-masing dari atribut akan menampilkan teks.

 

class Direktur extends Pegawai   {

public void nama( )  {   

System.out.println(“Gianto”);   }

public void Usia()    {       

System.out.println(“20”);

}

public void Bagian( )  {    

System.out.println(“Direktur Utama”);    }

public void GajiPokok( )    {      

System.out.println(“Rp 20.000.000,00”);   }

public void TunjanganJabatan( )     {        System.out.println(“Rp  10.000.000,00”);    }

public void Fasilitas( )     {       

System.out.println(“Rumah Dan Mobil Dinas ”);      }

}

 

Pada bagian ini terdapat kelas Direktur yang merupakan kelas turunan dari kelas induk yaitu kelas Pegawai.  Method yang terdapat di kelas ini merupakan method overriding dari method di kelas induk Pegawai. Ada enam method overriding dengan tipe data yang sama yaitu nama, Usia, Bagian, GajiPokok, TunjanganJabatan dan Fasilitas dengan tipe data void.

Kemudian terdapat juga komponen keluaran yaitu System.out.println pada setiap method. Method nama akan menampilkan teks yaitu Gianto. Method usia akan menampilkan teks yaitu 20. Method Bagian akan menampilkan teks yaitu Direktur Utama. Method GajiPokok akan mempilkan teks yaitu Rp 20.000.000,00. Method TunjanganJabatan akan menampilkan teks yaitu Rp 10.000.000,00. Method Fasilitas akan menampilkan teks yaitu Rumah Dan Mobil Dinas.

 

class WakilDirektur extends Pegawai  {

public void nama( ) {   

System.out.println("Ibrahim");   }

public void Usia( )    {

System.out.println("30");    }

public void Bagian( ){       

System.out.println("Wakil Direktur");    }

public void GajiPokok( )     {       

System.out.println("Rp 15.000.000,00");    }

public void TunjanganJabatan( )    {        System.out.println("Rp 5.000.000,00");    }

public void Fasilitas( )       {       

System.out.println("Rumah  Dinas");     }

}

 

Pada bagian ini terdapat kelas WakilDirektur yang merupakan kelas turunan dari kelas induk yaitu kelas Pegawai. Method yang terdapat di kelas ini merupakan method overriding dari method di kelas induk Pegawai.  Ada enam method overriding dengan tipe data yang sama yaitu nama, Usia, Bagian, GajiPokok, TunjanganJabatan dan Fasilitas dengan tipe data void. Terdapat juga komponen keluaran yaitu System.out.println pada setiap method.

 

class Staff extends Pegawai  {

public void nama( )    {   

System.out.println("Iput");   }

public void Usia( )    {

System.out.println("25");}

public void Bagian( )    {      

System.out.println("Staff Kantor");   }

public void GajiPokok( )    {      

System.out.println("Rp 10.000.000,00");   }

public void TunjanganJabatan( )     {

System.out.println("Rp 3.000.000,00");   }

public void Fasilitas( )      {

System.out.println("Mobil Dinas");    }

}

 

Pada bagian ini terdapat kelas Staff yang merupakan kelas turunan dari kelas induk yaitu kelas Pegawai.  Method yang terdapat di kelas ini merupakan method overriding dari method di kelas induk Pegawai.  Ada enam method overriding dengan tipe data yang sama yaitu nama, Usia, Bagian, GajiPokok, TunjanganJabatan dan Fasilitas dengan tipe data void. Terdapat juga komponen keluaran yaitu System.out.println pada setiap method.

 

package Pegawai;

public class PNS {

public static void main (String []args){

Pegawai pegawai;

Pegawai pegawai = new Pegawai(); 

Direktur D = new Direktur();

WakilDirektur WD = new WakilDirektur();

Staff S = new Staff();

pegawai.nama();D.nama();

pegawai.Usia();D.Usia();

pegawai.Bagian();D.Bagian();

pegawai.GajiPokok();D.GajiPokok();

pegawai.TunjanganJabatan();

D.TunjanganJabatan();

pegawai.Fasilitas();D.Fasilitas();

System.out.println();

pegawai.nama();WD.nama();

pegawai.Usia();WD.Usia();

pegawai.Bagian();WD.Bagian();

pegawai.GajiPokok();WD.GajiPokok();  pegawai.TunjanganJabatan();

WD.TunjanganJabatan();

pegawai.Fasilitas();WD.Fasilitas();

System.out.println();

pegawai.nama();S.nama();

pegawai.Usia();S.Usia();

pegawai.Bagian();S.Bagian();

pegawai.GajiPokok();S.GajiPokok();

pegawai.TunjanganJabatan();

S.TunjanganJabatan();

pegawai.Fasilitas();S.Fasilitas(); 

       }

}

 

Kemudian pada bagian program  ini terdapat  modifier yaitu public. Public berarti bahwa pengaksesan suatu variable instant atau metode dapat dilakukan dari luar kelas. Disini dibuat kelas baru dari package Pegawai yaitu kelas PNS. Pada kelas PNS ini terdapat main program. Selanjutnya, dibuat variabel konstruktor dari kelas Pegawai yaitu pegawai, variabel konstruktor dari kelas Direktur yaitu D, konstruktor dari kelas WakilDirektur yaitu WD, konstruktor dari kelas Staff yaitu S.

 

c.       Output program pertama

 

2.       Program kedua

a.       Code program

Code program Suara.java

 

Code program Anjing.java

 

b.      Penjelasan code program kedua

package Suara;

public interface Suara

{

    public void berbicara( );

    public void tidur( );

}

Pada program ini merupakan interface Suara dengan modifier public. Pada badan program terdapat method berbicara dengan modifier public dan tipe datanya yaitu void. Method tidur dengan modifier public dan tipe datanya yaitu void.

package Anjing;

import Suara.Suara;

public class Anjing implements Suara

{

    String warna;

    float berat;

public Anjing (String w, float b)

    {

    warna = w;

    berat = b;

    }

Public void berbicara( )

    {

        System.out.println(“Guk…guk…guk…”);

    }

public void tidur()

    {

        System.out.println("zzz...zzz...zzz"); }

public static void main( String args [] )

    {

        Anjing AirBuds = new Anjing ("coklat",20.4f);

        AirBuds.berbicara( );

        AirBuds.tidur( );

    }  

}

 

Pada program ini merupakan interface Suara dengan modifier public. Pada badan program terdapat method berbicara dengan modifier public dan tipe datanya yaitu void.  Method tidur dengan modifier public dan tipe datanya yaitu tidur. Kemudian interface suara ini di masukan ke package Anjing. Selanjutnya dibuat kelas Anjing dengan modifier public dan implementasi dari interface suara. Pada program ini merupakan konstruktor dari kelas Anjing yaitu Anjing. Pada badan programnya, diisikan nilai dari variabel w ke atribut warna dan variabel b ke atribut berat.

Selanjutnya, dilakukan pengisian dari method berbicara dengan komponen keluaran yaitu Guk…guk…guk… Pada program ini, dilakukan pengisian dari method tidur dengan komponen keluaran yaitu zzz...zzz...zzz. Kemudian, pada main program dibuat variabel konstruktor kelas anjing yaitu AirBuds. Lalu, dengan variabel AirBuds  dipanggillah method berbicara dan method tidur.

 

c.       Output program kedua

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BAB IV

KESIMPULAN

 

 

 

Pada praktikum kedua Pemrograman Berorientasi Objek yaitu Modul II ( Pewarisan, Polymorfisme dan Interface ). Disini saya akan menarik kesimpulan tentang tugas-tugas praktikum. Berikut adalah kesimpulannya :

·         Pada kode program pertama digunakan teknik polimorfisme. Pada kelas induk dari program yaitu kelas Pegawai. Method yang digunakan adalah  nama, Usia, Bagian, GajiPokok, TunjanganJabatan dan Fasilitas dengan tipe data void.

·         Kemudian didalam setiap method terdapat komponen keluaran yaitu System.out.println. Jadi, setiap masing-masing method dipanggil maka akan masing-masing dari atribut akan menampilkan teks.

·         Pada kode program kedua dibuat dua package. Pada package pertama yaitu Suara dengan interface Suara modifier public. Pada badan program terdapat method berbicara dengan modifier public dan tipe datanya yaitu void. Method tidur dengan modifier public dan tipe datanya yaitu void.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BAB V

DAFTAR PUSTAKA

 

 

 

Dosen Pemrograman Berorientasi Objek. 2014. MODUL II PRAKTIKUM PEMROGRAMAN BERORIENTASI OBJEK. PALANGKARAYA: JURUSAN TEKNIK INFORMATIKA FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS PALANGKARA.

 

_____.2012. “PRAKTIKUMMODULII–PEMROGRAMANDENGANJAVA.(Online).http://www.academia.edu/6724368/PRAKTIKUM_MODUL_II_-_PEMROGRAMAN_DENGAN_JAVA ( Diakses Pada Senin, 09 November 2015. Jam 22.32 WIB)

http://agungimam.blogspot.co.id/2013/04/membuat-pewrisan-pada-java.html

( Diakses pada Senin, 09 November 2015. Pukul 21:03 WIB )

https://yaniarprayogo.wordpress.com/2010/07/30/contoh-abstract-class-di-java/

( Diakses pada Senin, 09 November 2015. Pukul 22:10 WIB )

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BAB VI

LAMPIRAN

 

 

 

Code program pertama

Output program pertama

 

Code program kedua

 

Output program kedua



 

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Terong Sambal Pete Teri

Laporan Hasil Praktikum Modul IV Pemrograman Berorientasi Objek